Refreshing di Desa Wisata Nglinggo

Masih di kawasan Pegunungan Menoreh terdapat sebuah objek wisata yang digunakan oleh warga Yogyakarta untuk berlibur dan menikmati keindahan alam. Tempat tersebut adalah Desa Wisata Nglinggo yang berada di Kabupaten Kulonprogo berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Purworejo di Jawa Tengah. Kawasan ini saat ini sangat populer bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya sebagai tujuan untuk berwisata bersama pasangan atau bersama keluarga dan juga rombongan.  Sejuknya udara di kawasan ini dan hijaunya pemandangan membuat pengunjung bieda sejenak melupakan segala masalah yang mendera mereka yang timbul dari rutinitas harian yang berat dan membosankan.

Objek wisata ini sebenarnya sudah ada cukup lama namun karena kurangnya promosi dan akses jalan yang sulit membuat Desa Nglinggo tidak dikenal oleh wisatawan lokal apalagi wisatawan yang datang dari luar daerah. Namun setela pemerintah daerah fokus mengembangkan pariwisata di daerahnya, lambat laun popularitas kawasan ini meningkat. Ditambah lagi pemerintah daerah setempat telah memperbaiki akses jalan dengan memperlebar jalan dan juga memangkas bukit-bukit di sekitar jalan agar wisatawan dapat datang ke tempat ini dengan lancar dan juga aman. Selain ini papan petunjuk arah juga dipasang di lokasi-lokasi strategis untuk mempermudah para wisatawan. Fasilitas di desa ini juga diperbaiki, tempat parkir yang luas, kamar mandi, toilet, dan juga warung-warung ditata dengan rapi sehingga terlihat apik.

Datang kesana dengan dengan menggunakan jasa tour yang tersedia dengan berbagai paket wisata jogja murah yang bisa anda pilih. Yang menjadi daya tarik dari kawasan ini adalah. Perkebunan teh yang tumbuh subur di tempat ini. Wisatawan yang datang ke Nglinngo dapat berjalan kaki menyusuri petak demi petak perkebunan teh yang berada di 800 m dpl ini menuju puncak bukit. Dari puncak bukit ini , wisatawan dapat melihat pemandangan bukit batu yang berada dekat dengan kawasan ini. Bukit-bukit tersebut memiliki bentuk yang sangat unik dan juga menarik. Jika penasaran wisatawan bisa menaiki salah satu bukit-bukit tersebut karena telah dibangun jalan setapak dan juga tangga untuk mempermudah para wisatawan menuju puncak bukit tersebut. Dari atas bukit bisa terlihat pemandangan dataran rendah yang terlihat seperti permadani hijau yang mempesona, tampak pula perkampungan-perkampungan warga, hutan pinus dan hamparan lembah.