Tips Jualan Pulsa Tanpa Bangkrut untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tips Jualan Pulsa Tanpa Bangkrut untuk Mahasiswa dan Pelajar

Hanya mengandalkan uang bulanan orang tua tidak akan cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan mahasiswa atau pelajar. Hal itulah yang membuat mahasiswa dan pelajar mulai mencari-cari usaha paruh waktu atau sampingan agar bisa mendapatkan uang tambahan salah satunya menjadi penjual pulsa. Jualan pulsa dipilih karena selain tidak mengganggu waktu sekolah juga tidak membutuhkan modal yang banyak, keuntungan yang didapatkanpun terbilang lumayan. Namun, walaupun begitu kebanyakan dari pelajar atau mahasiswa yang memulai bisnis ini berakhir dengan bangkrut atau tidak balik modal. Nah, dibawah ini ada beberapa tips agar jualan pulsa kalian tidak bangkrut :

Pisahkan modal dengan laba
Dalam sebuah bisnis kita harus memisahkan antara modal awal dengan pendapatan. Hal itu dilakukan agar kita bisa menghitung laba harian yang kita dapatkan dengan jelas. Selain itu, modal merupakan simpanan uang yang akan membuat bisnis kita tetap berjalan, jadi usahakan jangan menyatukan antara modal dengan laba agar tidak terpakai. Apalagi pelajar dan mahasiswa terkadang memakai uang hasil berjualan pulsa dengan seenaknya tanpa memikirkan apakah itu modal atau laba. Kebiasaan inilah yang akan membuat jualan pulsa anda cepat bangkrut.

Buat catatan
Dalam sebuah jualan pulsa ada baiknya jika kita menyiapkan sebuah catatan khusus untuk mencatat orang-orang yang membeli tapi belum membayar. Hal ini untuk mengantisipasi “lupa” sehingga kita bisa tau siapa saja yang membeli dan berapa uang yang masih berada di luar, dengan begitu utang dan laba bisa terlihat dan terhitung dengan jelas.

Batasi Waktu Pembayaran
Salah satu penyebab bangkrutnya jualan pulsa adalah karena banyak pembeli yang telat membayar sehingga tidak balik modal. Dan salah satu cara untuk mensiasati hal ini adalah dengan cara membatasi waktu pembayaran utang. Misalnya kita memberikan jangka waktu 3 hari untuk membayar utang pulsa dengan begitu modal tetap tersedia dan bisnispun lancar.

Diatas merupakan beberapa tips untuk menjaga jualan pulsa kalian tetap berjalan lancar. Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi referensi untuk kalian para pelajar dan mahasiswa yang akan atau sedang menjalankan jualan pulsa.