Inilah 3 Penyebab Utama Penyakit Sifilis yang Perlu Anda Waspadai

penyebab sipilis

Mungkin Anda sering mendengar penyakit sifilis atau raja singa, dan melihat bagaimana dampak penyakit itu bagi penderitanya. Nah, saat Anda mengetahui dampaknya, tentu Anda tidak ingin mengalami hal serupa. Oleh karena itu, Anda perlu tau apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit mengerikan seperti ini.
Perlu Anda ketahui bahwa penyakit sifilis merupakan penyakit menular seksual, di mana penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.
penyebab sipilis
Penyebab sifilis
Infeksi Bakteri
Sifilis atau raja singa, sebenarnya merupakan salah satu jenis infeksi yang terjadi di organ vital. Infeksi ini disebabkan karena bakteri bernama Treponema pallidum. Nah, karena penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri, maka penyakit ini bisa menular dengan berbagai macam cara. Bakteri sifilis baru akan memunculkan gejala penyakit sifilis, jika sudah masuk ke dalam tubuh selama kurang lebih tiga minggu. Baca juga: Apa sipilis bisa disembuhkan

Bakteri yang menyebabkan penyakit sifilis tidak bisa hidup di luar tubuh. Oleh karena itu bakteri ini tidak bisa berpindah atau menular dengan mudah. Jadi tidak perlu takut tertular sifilis jika Anda sekedar menggunakan toilet yang dipakai penderita sifilis, memakai peralatan makan yang sama dengan penderita sifilis, mengenakan pakaian bekas penderita sifilis atau berenang di kolam yang sama dengan penderita sifilis.

Hubungan Seksual dengan Orang yang Terinfeksi Sifilis
Penyakit sifilis bisa menular apabila kita melakukan kontak langsung dengan penderita. Salah satu jenis kontak langsung yang dimaksud adalah dengan melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit sifilis. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui kalau pasangan Anda menderita penyakit sifilis, maka Anda belum boleh melakukan hubungan seksual hingga pasangan Anda dinyatakan sembuh dari penyakit ini. Baca juga: ciri ciri sipilis

Berbagi Jarum Suntik
Bentuk kontak langsung lainnya yang bisa menimbulkan penyebaran penyakit sifilis adalah dengan berbagai jarum suntik. Itulah mengapa jarum suntik hanya bisa digunakan sekali pakai saja untuk setiap pasien. Dan inilah penyebab mengapa pengguna narkoba yang sering berbagi jarum suntik sangat besar kemungkinannya menderita penyakit ini.