Tips Panduan Pilih Water Heater Yang Bagus

Water Heater

Pada hari hujan atau cuaca dingin, mandi air hangat juga akan merasa nyaman terbaik saat mandi pada pagi hari ataupun malam hari mendekati tidur. Saya juga akan berbagi sebagian panduan pilih serta beli pemanas air mandi. Gas Water Heater yang bagus Sesuai sama namanya, pemanas air ini bekerja dengan gas elpiji, yang notabene saat ini cost-nya lebih murah dari listrik, terlebih listrik dari genset sendiri. Gas Water Heater yang bagus memiliki bentuk persegi yang tidaklah terlalu besar, tetapi juga tidaklah terlalu kecil. Ciri-cirinya di atas pemanas air ini ada lubang silinder yang berperan jadi cerobong asap (kenalpot) untuk buang asap hasil pembakaran. Janganlah takut mendengar arti cerobong asap karna sebenarnya tidak tampak ada asap apa pun yang keluar dari ini, cuma saja karna langkah bekerjanya yaitu membakar air yang melaluinya, tetaplah dibutuhkan cerobong asap itu. Terkecuali cost penggunaan yang relatif murah, kelebihan beda pemanas air gas ini yaitu air panas yang ada hampir instant, cuma memerlukan saat sekitaran 3 – 5 detik mulai sejak dihidupkan air yang mengalir keluar telah panas. Beberapa orang menguatirkan kebocoran gas bila apinya padam, tetapi sesungguhnya hal itu tidaklah perlu dikhawatirkan karna pemanas air type ini telah diperlengkapi dengan auto cut off gas bila apinya padam serta automatis mematikan api bila debet air yang mengalir kurang kencang. Beberapa hal yang mungkin saja butuh jadi perhatian yaitu pentingnya selang pipa untuk supply gas ke pemanas air. Bila mulai sejak bangun tempat tinggal telah direncanakan juga akan menempatkan type pemanas air ini, selang-nya dapat ditanam di dalam tembok hingga rapi serta tidak terlihat. Bahkan juga tabung gasnya dapat ditempatkan di tempat yang jauh serta tidaklah perlu diangkat ke lantai atas bila pemanas air ini dipasang di lantai atas karna sifat gas yang dengan automatis mengalir ke tempat yang lebih tinggi. Diluar itu bila pemanas air gas dipasang di dalam kamar mandi, yakinkan mesti ada exhaust fan untuk buang asap sisa pembakaran. Meskipun asapnya tidak tampak, tidak berwarna, tidak berbau serta sesungguhnya tidak beresiko, tetapi bila berakumulasi banyak terlebih bila dalam kamar mandi yang tak ada lubang ventilasi tetaplah juga akan beresiko bila telah berakumulasi banyak. Harga nya sekitar dari 500 beberapa ribu – 1 juta-an. Electric Water Heater yang bagus

Water HeaterAda 2 type pemanas air yang keduanya sama memakai supply listrik, pemanas air listrik dengan tangki serta pemanas air listrik tanpa ada tangki (tankless). Jaman dulu, yang banyak diketemukan yaitu pemanas air listrik dengan tangki. Tanda-tanda pemanas air dengan tangki yaitu memiliki bentuk yang besar, umumnya berupa bundar horizontal atau vertikal. Karna fisiknya yang besar, umumnya orang menempatkannya di luar kamar mandi tetapi ada pula yang menggantungkannya di dalam kamar mandi. Langkah kerja pemanas air ini sederhana, sesungguhnya memiliki bentuk yang bulat serta besar itu yaitu tangki air untuk menaruh cadangan air panas yang belum juga terpakai. Oleh karenanya untuk yang memakai pemanas air type ini dapat mudah air panas mulai sejak detik pertama air dialirkan. Bila air di dalam tangki lama tidak digunakan, airnya juga akan bebrapa perlahan mendingin. Manfaat melindungi suhu cadangan air panas tetaplah cukup panas, jadi saat mulai mendingin, pemanas airnya juga akan kembali hidup untuk memanaskan air di dalam tangki supaya menjangkau suhu spesifik. Demikian selanjutnya berkali-kali hingga memakai pemanas air type ini biasanya lebih boros cost listrik, terlebih-lebih dirumah yang penghuninya sedikit atau tidak sering digunakan. Banyak digunakan atau tidak sering digunakan, cost beban listriknya bedanya hanya sedikit. Harga pemanas air listrik bertangki relatif cukup mahal (2 – 5 juta-an bergantung kemampuan tangki air) karna bentuk fisiknya yang besar dan konstruksi tabungnya yang perlu bebas karat, juga membutuhkan pembungkus dengan bahan spesial yang fungsinya utnuk melindungi supaya panas air-nya janganlah cepat hilang.

Yang belakangan ini lebih popular yaitu pemanas air listrik tanpa ada tangki. Memiliki bentuk kecil, cantik serta gampang pemasangannya. Tetapi yang butuh di perhatikan yaitu pemanas air type ini konsumsi listrik begitu besar, menjangkau 2. 000 Watt. Bila tempat tinggal yang daya terpasang PLN-nya hanya 10 ampere, sekali ditarik oleh pemanas air ini plus 2x lampu TL, habis deh. Memanglah ada pula yang jual pemanas air semacam dengan Watt rendah, hanya 350 Watt namun eitts, tunggu dulu. Kenapa pemanas air listrik ini membutuhkan daya besar sampai 2. 000 Watt, tidak beda tidak bukanlah yaitu supaya dapat sediakan air panas secepat mungkin saja demikian dibutuhkan. Karna dia tidak memiliki cadangan air panas siap gunakan, jadi air yang dipanaskan yaitu selekasnya sesudah keran di buka, pemanas air ini butuh selekasnya memanaskannya sesegera mungkin saja. Pemanas air 2. 000-an Watt juga masih tetap membutuhkan saat 5 – 10 detik air yang mengalir baru panas. Bila memakai pemanas air yang tuturnya irit daya yang cuma konsumsi listri 350 Watt, butuh menanti sekitaran 3 – 4 menit air yang keluar baru panas. Jangan-jangan acara mandi juga telah ingin usai. Harga pemanas air listrik tanpa ada tangki relatif murah, mulai seharga 400 ribu – 600 ribu telah dapat bisa. Satu diantara kecemasan paling utama orang juga akan pemanas air listrik yaitu kesetrum. Sesungguhnya hal itu beberapa begitu tidak sering berlangsung, terlebih di semuanya pemanas air listrik senantiasa telah diikutkan pengaman anti kontak MLCB (=Main Line Sirkuit Breaker) yang fungsinya memutus aliran listrik bila berlangsung korsleting atau kesetrum.

Tetapi demikian, 1/2 th. waktu lalu saya baru mendengar dari seseorang rekan di Medan, seseorang tetangganya wafat karna kesetrum air panas saat tengah liburan di villa mereka sendiri di Berastagi. Seumur-umur mungkin saja ini hanya satu case kesetrum air panas saat mandi yang saya dengar segera dari sumber yang dapat diakui. Solar Water Heater yang bagus Pemanas air type ini memercayakan panas matahari untuk memanaskan airnya. Itu kenapa pemanas air type ini senantiasa memasukkan tangki yang begitu besar karna matahari kan tidak bercahaya 24 jam. Tangki yang besar itu fungsinya untuk menyimpan air panas yang cukup untuk dikonsumsi demikian orang dalam satu tempat tinggal. Sebagian type pemanas air matahari ini diperlengkapi dengan pemanas listrik yang fungsinya yaitu tetaplah menanggung supply air panas bila tengah musim hujan di mana saat matahari tidak sering bercahaya terik. Sekali terpasang, pemanas air type ini hampir tanpa ada perawatan serta tidak keluar cost operasional apa pun sekali lagi karna cukup disinari matahari saja. Oleh karenanya, untuk yang rumanya besar, anggota keluarganya banyak begitu pas menempatkan pemanas air matahari terlebih-lebih untuk kita yang tinggal di sekitaran khatulistiwa yang selama th. senantiasa memperoleh cahaya matahari yang memenuhi. Hanya sayangnya barang ini harga nya mahal, belasan sampai dua beberapa puluh juta bergantung pada kemampuan tangki penyimpanannya, di luar biaya gunakan yang relatif mahal juga karna butuh dipasang ditempat yang tinggi, tidak terhambat bangunan/pohon supaya dapat terima paparan cahaya matahari dengan maksimum. Heat Exchanger Water Heater yang bagus Diberi nama heat exchanger ini yaitu karna sumber panas dari pemanas air ini yaitu di ambil dari angin panas yang dihembuskan oleh compressor AC tempat tinggal. Seperti di ketahui kalau untuk mendinginkan ruang, AC tempat tinggal memercayakan compressor memompakan freon yang mengembun serta jadi gantinya angin panasnya dibuang oleh compresor keluar. Prinsip kerja heat exchanger Water Heater yang bagus ini yaitu menyatukan panas yang dibuang oleh compressor lalu dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air di sana. Pemanas air type ini tidak memiliki bentuk yang khusus terkecuali memiliki satu tangki penyimpan air panas seperti yang ada pada type pemanas air yang beda.

Pemanas air dengan prinsip kerja heat exchange ini sesungguhnya yaitu jalan keluar yang begitu efektif serta murah karna sekalipun tidaklah perlu keluarkan cost penambahan beda terkecuali cuma membayar cost listrik karena penggunaan AC saja. Jadi terkecuali memperoleh dinginnya dari AC, sekalian juga memakai pembuangan panasnya untuk memanaskan air.

Pemanas air type ini tak ada yang di jual “ready for use”, berarti butuh dirakit sendiri sesuai sama yang diperlukan. Tetapi repotnya tidak beberapa orang yang tahu langkah kerja serta tehnik pemasangannya hingga tidak gampang mencari tukang yang dapat segera gunakan. Diluar itu butuh juga memperhitungkan aspek jarak pada compressor ke tangki pemanas air dan jarak ke kamar mandi. Hal itu karena sifat rambatan panas yang cepat hilang bila mesti ditinggalkan pada media yang cukup panjang.

Harga nya sendiri mahal juga, dari mulai 8 juta-an – belasan juta (di luar harga AC-nya sendiri).

Portable Water Heater yang bagus

Belum juga temukan pilihan yang pas? Pertimbangkanlah portable Water Heater yang bagus. Sesungguhnya komponen pemanas di dalam pemanas air listrik yang mahal di atas sama juga, memiliki bentuk berbentuk elemen pemanas yang lebih kurang seperti gambar selain. Cuma saja sesudah di-packaging demikian rupa, ditambahkan tangki penyimpan air yang kedap suhu, dan ditambahkan sensor suhu serta automatic switch, harga nya jadi mahal. Bila concernnya yaitu di harga, jadi pilihan yang satu ini cukup murah dan meriah, harga nya hanya di sekitar 50 ribu – 70 ribu. Langkah pemakaiannya juga mudah, sediakan satu ember air, celupkan pemanas air itu serta colok ke listrik. Check apakah panas air telah memenuhi, bila telah, cabut colokan listrik serta dapat mulai mandi. Cermati juga pemanas air ini ada dari yang “hemat energi” yang 350 Watt sampai yang 2. 000 Watt. Bedanya sama dengan yang telah saya terangkan di atas. Karna yang butuh dipanaskan di sini seember air yang semakin banyak (bukanlah air mengalir seperti di atas), jadi pemanas 2. 000 Watt butuh saat sekitaran 5 menit untuk memanaskan satu ember air, sesaat pemanas yang 350 Watt mungkin saja membutuhkan saat 15 – 20 menit. Traditional Water Heater yang bagus Yang satu ini perasaan saya tidaklah perlu berkomentar banyak sekali lagi.