Efek Kelebihan Teh Hitam

Terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, teh hitam memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun terlalu banyak teh hitam dapat menyebabkan efek samping tertentu. Jika Anda hamil atau memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, minum terlalu banyak teh hitam bisa membuat Anda berisiko. Meski memiliki sifat menenangkan teh hitam, kuncinya di sini adalah moderasi dalam konsumsi. Triple T Dr Azlan
Jumlah untuk Minum Per Hari

Sementara teh hitam dianggap aman untuk diminum setiap hari, menurut MedlinePlus, minum lebih dari 5 cangkir teh hitam per hari dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan karena kandungan kafein teh hitam. Misalnya, jika Anda hamil atau menyusui, Anda mungkin ingin membatasi konsumsi Anda hingga hanya 2 cangkir per hari karena mengkonsumsi lebih banyak kafein daripada ini dapat menyebabkan komplikasi. Jadi, sementara teh hitam aman bagi orang dewasa untuk minum, terlalu banyak akan menimbulkan komplikasi.

Asupan kafein

Lembaga Linus Pauling menyatakan bahwa teh hitam mengandung antara 42 dan 72 miligram kafein per porsi 8 ons. Sementara ini kurang dari kopi, itu juga lebih dari sekedar teh hijau. Kisaran kandungan kafein ini karena variasi antara berbagai jenis teh hitam dan berapa lama teh tersebut dibiarkan terjal. Mengonsumsi hingga 250 miligram kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa selama Anda mempertahankan gaya hidup sehat. Ini setara dengan sekitar 5 cangkir teh per hari. Jika konsumsi kafein harian Anda meningkat menjadi lebih dari 830 miligram, atau sekitar 16 sampai 17 cangkir, Anda minum terlalu banyak teh. Teh Herba Triple T Dr Azlan

Efek samping

Earl Grey is a popular type of black tea flavored with bergamot.

Efek samping dari minum teh hitam terlalu banyak termasuk sulit tidur, sakit kepala, gugup, diare, mudah tersinggung, denyut jantung tidak teratur, bingung, mulas, tremor di ekstremitas dan kemungkinan kejang. Efek samping ini adalah hasil kandungan kafein dalam teh hitam. Jika Anda terbiasa meminum teh hitam secara teratur – terutama dalam jumlah yang lebih banyak – Anda mungkin mengalami ketergantungan fisik dan psikologis pada minuman, sekali lagi, terutama karena kandungan kafein. Menurut Linus Pauling Institute, minum antara 3 dan 14 liter teh hitam dalam sehari dapat menyebabkan hipokalemia – atau kadar potassium darah rendah – pada orang tua. Efek samping ini juga terkait dengan konsumsi kafein yang tinggi.

Teh tanpa kafein

Jika konsumsi kafein menjadi perhatian serius Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba teh hitam tanpa kafein. Teh hitam tanpa kafein mengandung maksimum 0,4 persen kafein per berat kering. Saat memilih teh hitam tanpa kafein, cobalah untuk mendapatkan satu yang tanpa kafein menggunakan proses karbon dioksida daripada yang menggunakan etil asetat, karena proses sebelumnya menghemat lebih banyak rasa alami dan manfaat kesehatan teh hitam.