Penyebab paling umum dari Flank Pain

Sakit punggung adalah salah satu penyakit utama yang menyebabkan orang memanggil dokter mereka. Nyeri di punggung bagian atas atau perut dan samping, juga disebut nyeri panggul atau sakit ginjal memiliki banyak penyebab. Sakit Buah Pinggang

UPMC ingin mendengar dari Anda

Jika Anda memiliki rasa sakit yang terus-menerus, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda. Namun, nyeri panggul paling sering terjadi akibat satu dari tiga penyebab: infeksi saluran kemih (ISK), batu ginjal, dan masalah muskuloskeletal seperti ketegangan otot atau saraf terjepit.

Ginjal adalah filter tubuh Anda. Limbah dari ginjal Anda keluar dari tubuh Anda melalui air kencing. Salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah ginjal yang umum adalah dengan minum banyak air. Ini membantu menjaga agar proses penyaringan berjalan lancar.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri yang memasuki saluran kencing, yang meliputi ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra.

Gejala ISK

Nyeri di punggung bagian bawah atau perut Anda mungkin merupakan tanda adanya ISK yang lebih rendah, seperti infeksi di kandung kemih. Nyeri di punggung bagian atas dan daerah ginjal bisa menjadi pertanda ISK bagian atas.

Gejala UTI lainnya meliputi:

Sering buang air kecil
Membakar saat buang air kecil
Darah dalam urin
Demam
Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Dokter perawatan primer Anda atau dokter perawatan yang mendesak dapat mengobati ISK. Anda akan diberi resep antibiotik, dan gejalanya akan segera sembuh sesaat sesudahnya. Untuk ISK berulang atau berat, dokter Anda mungkin mengarahkan Anda ke ahli urologi.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah kristal yang terbentuk dalam urin Anda dan terbentuk di ginjal Anda. Mereka menyebabkan rasa sakit yang parah.

Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal menyebabkan nyeri panggul yang mendadak dan parah yang bisa datang dalam gelombang. Rasa sakit juga bisa menyebar melalui selangkangan. Rasa sakit berlanjut saat batu bergerak melalui ureter, kandung kemih, dan keluar dari uretra jika cukup kecil.

Anda mungkin juga mengalami:

Darah dalam urin
Mual atau muntah
Menyakitkan buang air kecil
Pengobatan Batu Ginjal

Untuk batu kecil, Anda bisa minum obat sakit dan minum banyak air sampai batu itu lewat. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk membantu Anda melewati batu jika Anda memiliki masalah dalam menyampaikannya sendiri.

Batu besar yang tidak bisa muat melalui saluran kemih perlu dikeluarkan dengan operasi atau lithotripsi, sebuah prosedur yang memisahkan batu besar menjadi potongan-potongan kecil yang bisa lewat.

Masalah Musculoskeletal

Terkadang, nyeri panggul bisa ditelusuri ke masalah muskuloskeletal. Ini bisa menjadi ketegangan otot atau air mata akibat aktivitas fisik yang meningkat, kejatuhan atau trauma lainnya, mengangkat gerakan yang terlalu berat, atau berulang.

Rasa sakit yang berhubungan dengan otot akan terasa lebih seperti sakit kusam dan biasanya memburuk dengan aktivitas fisik, tekanan, atau tindakan yang menggunakan otot seperti bersin atau tertawa.

Anda mungkin juga mengalami nyeri panggul dari artritis tulang belakang atau saraf yang terjepit.

Untuk mengobati rasa sakit di rumah, gunakan obat antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen, dan eskan area ini selama sekitar 20 menit setiap waktu setiap beberapa jam. Jika rasa sakit tidak hilang, atau Anda melihat adanya pembengkakan atau kemerahan di sisi tubuh Anda, hubungi dokter Anda atau kunjungi pusat perawatan yang mendesak.