Hal Yang Harus Di Perhatikan Apabila Ingin Melamar Pekerjaan  Melalui Email

 

Di tahun 2017 teknologi sudah semakin mau, orang – orang di masa kini sebisa mungkin untuk menghindari kertas dengan menggunakan teknologi. Di dunia kerja, sekarang kebanyakan perusahaan hanya menerima lamaran melalui elektronik mail atau Email. Salah satu perusahaan terkenal yang menggunakan kebijakan ini adalah PT. Surya Raya Rubber Indo, perusahaan ini menggunakan kebijakan apabila ingin melamar pekerjaan harus melalui email.

Dengan melamar menggunakan Email kedua pihak di untungkan, Pihak pelamar kerja tidak perlu menyediakan lamaran yang berlembar – lembar dengan dokumennya lalu mengirim keperushaan itu yang terbilang cukup jauh dan pihak HRD juga diuntungkan dengan tidak adanya lagi sampah kertas yang berserakan, cukup unduh dan melihat data pribadi apabila tidak sesuai HRD tinggal menghapusnya.

Kali ini saya akan memberi tips apabila kalian ingin melamar pekerjaan dengan metode email yaitu:

1.Buat dokumen sekecil mungkin

HRD orangnya ga mau ribet, HRD biasanya mempunyai batas maksimal data yang boleh dikirim oleh pelamarnya tujuannya adalah agar email perusahaan tidak penuh. Email Perusahaan berbeda dengan email gratisan karena email perusahaan ini khusus dan mempunyai space yang terbatas. Usahakan buat dokumen kalian dibawah 1 MB.

2.Kirim email pada jam kerja

Yang kedua adalah kalian sebisa mungkin mengirim lamaran pada jam kerja karena email dari perusahaan ini mempunai keistimewaan yaitu bisa menyortir batas data yang bisa di terima dan kapan waktu yang bisa di tentukan untuk menerima email. Jadi usahakan kalian mengirim email kepada perusahaan dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore.

3.Jangan menggunakan email yang lebay

Yang ketiga ini walaupun sepele tapi akibatnya fatal, angan pernah menggunakan email alay yang membuat pusing HRD. Saya mempunyai pengalaman dari HRD di suatu perusahaan swasta dimana ada pelamar menggunakan email seperti ak03c1nt4kamoe@gmail.com, itu adalah hal yang paling tidak etis di mata HRD. Sebaiknya kalian menggunakan nama kalian sendiri agar terlihat profesional seperti ilhamwarami@yahoodotcom. Kelihatan lebih enak dan profesional bukan?

Itulah tiga hal yang penting yang harus kalian ketahui dan diperhatikan ketika kalian ingin emalmar pekerjaan melalui email, yang terpeting adalah cara membuat surat lamaran kerja nya yang benar, contoh surat lamaran kerja bisa kalian lihat di mesin pencari google ataupun bing.