Mengapa Sulit Membasuh Sabun Dengan Air Lembut

Sabun Herbal

Mengapa Sulit Membasuh Sabun dengan Air Lembut?

Apakah kamu memiliki air yang keras? Jika Anda melakukannya, Anda mungkin memiliki pelembut air untuk membantu melindungi plumbing Anda dari penumpukan skala, mencegah buih sabun, dan mengurangi jumlah sabun dan deterjen yang diperlukan untuk pembersihan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa pembersih bekerja lebih baik di air lunak daripada di air keras, tapi apakah itu berarti Anda akan merasa lebih bersih jika Anda mandi dengan air lunak? Sebenarnya tidak. Bilas dengan air lembut bisa membuat Anda merasa sedikit licin dan bersabun, bahkan setelah membilasnya dengan sempurna.

Mengapa? Jawabannya terletak pada pemahaman kimia air dan sabun lunak.

Air keras mengandung ion kalsium dan magnesium. Pelembut air menghilangkan ion tersebut dengan menukarnya dengan ion natrium atau kalium. Dua faktor berkontribusi pada perasaan licin-saat-basah yang Anda dapatkan setelah menyabot dengan air lunak. Pertama, sabun lebih baik dalam air lunak daripada di air keras, jadi mudah digunakan terlalu banyak. Sabun yang terlarut lebih banyak ada, semakin banyak air yang Anda butuhkan untuk membilasnya. Kedua, ion dalam air yang melunak mengurangi kemampuannya untuk ‘menempel’ ke molekul sabun, sehingga lebih sulit untuk membilas pembersih dari tubuh Anda.

Reaksi antara molekul trigliserida (lemak) dan natrium hidroksida (alkali) membuat sabun menghasilkan molekul gliserol dengan tiga molekul ikatan natrium stearat berikatan ionik (bagian sabun ‘sabun’). Garam natrium ini akan mengeluarkan ion natrium ke air, sementara ion stearat akan mengendap dari larutan jika bersentuhan dengan ion yang mengikatnya lebih kuat daripada natrium (mis., Magnesium atau kalsium dalam air keras).

Magnesium stearat atau kalsium stearat adalah padatan lilin yang Anda kenal sebagai buih sabun. Ini bisa membentuk cincin di bak mandi Anda, tapi itu membilas tubuh Anda. Natrium atau kalium dalam air lunak membuatnya jauh lebih tidak menguntungkan untuk natrium stearat untuk melepaskan ion natriumnya sehingga bisa membentuk senyawa yang tidak larut dan dibilas.

Sebagai gantinya, stearat menempel pada permukaan kulit Anda yang sedikit terisi. Intinya, sabun lebih baik menempel pada Anda daripada dibilas dengan air lembut.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa menggunakan sedikit sabun, cobalah mencuci tubuh dengan cairan sintetis (deterjen atau sindikat sintetis), atau bilas dengan air alami atau air hujan (mungkin tidak akan mengandung sodium atau potasium yang meningkat).

Bisnis Terbaru