Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Tali Pusarnya Belum Puput

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir – Merawat tali pusar bayi yang baru lahir merupakan satu kegiatan yang sangat penting untuk diperhatikan. Ketika sang bayi baru lahir, tapi pusar belum putus dan hal ini biasanya menjadikan sang bunda merasa cukup kebingungan, apalagi jika sang bunda baru menimang sang buah hati. Bunda muda kadang kala merasa binggung bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya belum putus, kemudian juga bagaimana cara merawatnya supaya tidak infeksi.

bagaimana cara memandikan bayi baru lahir

Nah, hal tersebut akan diulas dalam artikel ini. Tali pusar bayi pada umumnya lepas ketika sang bayi berumur 1 hingga 2 minggu. Akan tetapi juga dapat lebih cepat ataupun lebih lambat dari itu. Tari pusar bayi akan kering dan lepas dengan sendirinya tanpa perlu untuk diberi obat, dan hanya perlu dirawat dengan benar saja. Jika merawatnya dengan benar, maka hal tersebut akan lebih cepat untuk membuat tali pusarnya kering dan mudah untuk lepas. Berikut ini cara merawat bayi yang tali pusarnya belum puput :

Jaga Kebersihan Tali Pusar dan Daerah Sekitarnya

Jagalah selalu kebersihan tali pusar dan daerah sekitar tali pusar dengan cara rutinlah untuk mengganti kain kasa yang membungkus tali pusar. Basahi kassa yang steril terlebih dahulu memakai alkohol 70% dan lalu bungkus secara perlahan-lahan tali pusar sang bayi. Apabila tali pusar nampak kotor, anda dapat membersihkannya menggunakan kapas dan air hangat.

Jangan Memandikan Bayi dengan Cara Direndam Dalam Bak yang Berisi Air

Bayi yang tali pusarnya belum puput, jangan dimandikan dengan cara merendamnya ke dalam bak yang berisi air. Hal tersebut menjadikan tali pusar lama untuk kering. Anda hanya perlu memandikan sang bayi dengan cara mengelap badan bayi memakai waslap yang sudah dicelupkan dengan air hangat. Selain itu, bunda juga perlu menjaga kesehatan kulit bayi dengan tidak sembarangan memilih sabun mandi. Bunda dapat menggunakan sabun Zwitsal yang khusus untuk bayi dan berbahan lembut.

Biarkan Tali Pusar Puput dengan Sendirinya

Satu hal yang sangat perlu diperhatikan oleh para bunda adalah jangan sesekali tergoda untuk menarik tali pusar sang bayi supaya cepat puput. Biarkanlah saja karena tali pusar bayi akan kering dan lepas dengan sendirinya.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-memandikan-bayi-baru-lahir-dengan-aman